GBC'

TREND BELANJA BARANG DENGAN JASA TITIP BELI SEBAGAI BISNIS KAUM HAWA YANG PUNYA HOBBY BELANJA DAN TRAVELING

Era digital ini memberikan kemudahan untuk semua kalangan termasuk dalam hal berbisnis dan berbelanja. Teknologi smartphone dan internet yang saat ini digunakan oleh orang untuk berbisnis, salah satunya adalah jasa titip beli (jastip beli).

WINABEBAG'

Jastip beli ini adalah bisnis yang memanfaatkan sebuah hobby traveling dan belanja yang sekaligus mendapatkan keuntungan dengan menambahkan biaya jastip yang ditentukan. Biasanya pembisnis ini disebut sebagai Personal Shopper. Dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook, personal shoper akan mengunggah barang-barang yang ditemuinya saat belanja di suatu negara atau tempat perbelanjaan lainnya. Cara itulah para personal shopper menarik perhatian para pengguna dengan cara mengunggah foto barang – barang branded atau barang apa saja dari tempat perbelanjaan terkenal ke Instagram dan Facebook.

Barang-barang yang jadi fokus sebagai jastip belakangan ini hampir semua barang atau produk dari fashion, kosmetik, sepatu, pernak-pernik kebutuhan rumah tangga dan mainan anak-anak. Hal yang menarik dari bisnis jastip ini tidak memerlukan modal besar, karena sistem pembayarannya adalah sebelum barang dikirim penitip harus membayar terlebih dahulu.
Sistem kerja bisnis jastip ini prinsipnya kita memiliki media sosial seperti Instagram atau Facebook. Kemudian kunjungi tempat belanja lokal atau negara lain dan ambil foto lalu posting di media sosial tersebut.

Cara bisnis ini bekerja dengan alur yang sangat mudah yaitu:

1. Posting foto-foto barang ke media sosial.

2. Follower yang disebut sebagai konsumen akan melihat foto yang kita posting tertarik dan memesan.

3.  Konsumen mentransfer sejumlah uang seharga barang dan ditambahkan ongkos kirim dan biaya jastip dan kemudian barang dikirimkan ke alamat konsumen.

Menarik ya… bisnis ini. Bisnis ini menguntungkan kedua belah pihak baik dari sisi penitip beli/ konsumen ataupun bagi yang dititipin/ personal shopper.

Dari sisi konsumen memiliki keuntungan antara lain: hemat waktu, hemat biaya perjalanan, barang yang didapatkan keasliannya terjamin, harga transparan. Lalu dari sisi personal shopper antara lain : memuaskan hobi, tujuan traveling yang semakin mapan, menambah wawasan dengan produk-produk baru.

Namun, konsumen dan pelaku bisnis jastip harus sama-sama berhati-hati dan memerlukan ketelitian dalam bertransaksi. Bisnis ini memerlukan kepercayaan yang lebih antara konsumen dan pelaku bisnis jastip karena konsumen membayarkan sejumlah uang untuk suatu produk terlebih dahulu dan produk tersebut akan datang dikemudian hari. Dan pelaku bisnis jastip ini harus dapat menumbuhkan rasa percaya konsumen bahwa produk yang dipesan benar-benar akan sampai ditangan mereka. Agar semuanya berjalan dengan baik ada beberapa hal yang perlu diperhatikan baik oleh konsumen dan pelaku bisnis jastip.

Dari sisi konsumen yang nitip perlu diperhatikan beberapa hal:

1. Pilihlah akun yang dapat dipercaya
Saat ini banyak akun jastip bermunculan, yang terkadang banyak akun-akun yang “menipu”, maka wajib bagi konsumen untuk seleksi dalam memlih akun.

2. Bandingkan harga produk yang dipilih pada akun yang anda pilih dengan akun lain, bisa jadi harga diakun lain lebih murah. Tetapi jangan terbuai dengan harga yang jauh lebih murah karena dapat mengindikasikan bahwa barang original atau tidak dan akun benar-benar terpercaya atau tidak.

3. Pahami baik-baik ketentuan harga dan biaya jasa titip beli yang dibuat oleh personal shopper.

Dan dari sisi pelaku bisnis jastip perlu diperhatikan :

1. Pastikan bahwa penitip benar-benar transfer, setelah itu baru produk dibeli.

2. Teliti dalam memilih jenis barang dan pastikan bahwa barang tersbut layak dibeli, sesuai dengan pesanan dan tidak ada cacat pada produk, ketidak sesuaian produk dengan pesanan inilah yang membuat konsumen kecewa sehingga tidak membeli di akun kita lagi.

3. Tentukan berapa biaya jasa titip beli dengan nilai yang pasti dan tidak dapat ditawar.

4. Kemaslah produk dengan rapi pada saat pengiriman, karena hal ini membuat image akun jastip kita berkualitas.

5. Berikan komunikasi yang ramah dan sopan kepada konsumen, memang terkadang konsumen bertanya lebih banyak, tetapi ingatlah bahwa bisnis jastip ini adalah bisnis individual yang harus tetap menjaga personality yang lebih baik.

Dari semua ini, bisnis jasa titip beli ini sangat menguntungkan terutama bagi kaum hawa yang punya hobby traveling, bisa memanfaatkan waktu untuk belanja yang sekaligus mengasilkan sejumlah uang. Bayangkan, sekali kita pergi jalan-jalan ke negara lain, kita unggah beberapa produk pada akun kita dengan jastip beli sebesar Rp. 25-40 ribu per produk, untuk 10 produk saja kita bisa dapat keuntungan Rp. 250-400 ribu. Dan ini juga bisa dilakukan untuk belanja di tempat belanja lokal yang ada disekitar kita mungkin sedang menggelar acara discount dan kita lakukan hal yang sama maka akan menjadi benefit buat kita. Nah lumayan dan menyenangkan, menikmati traveling dan belanja yang menghasilkan.

Penulis: Niken Widyastuti
Mahasiswa MM Tech President University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar