GBC'

Tidak Memiliki Sertifikat Laik Fungsi (SLF), Bangunan Terancam Dibongkar

Tidak Memiliki Sertifikat Laik Fungsi (SLF), Bangunan Terancam Dibongkar

WINABEBAG'

Selama ini banyak yang beranggapan bahwa dalam proses mendirikan gedung atau bangunan hingga difungsikan hanya cukup dengan IMB (Ijin Mendirikan Bangunan). Padahal ada dokumen lain yang sangat penting, yaitu Sertifikat Laik Fungsi (SLF) yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah setempat.

Untuk itulah diadakan Sosialisasi Sertifikat Laik Fungsi (SLF) yang dilaksanakan pada tangal 6 Maret 2019 yang lalu bertempat di Metro Suites Hotel, Jababeka, dengan narasumber Tina Karini Suciati Santoso, ST, M.Si, Kepala Bidang Bangunan Gedung Umum dan Syafriansyah Anwar, ST, Kepala Seksi Kelaikan Bangunan dan Jasa Konstruksi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi.

Dalam kesempatan tersebut, Tina menyampaikan bahwa SLF wajib dilaksanakan oleh pemilik atau pengguna secara tertib administrasi dan teknis untuk menjamin kelaikan fungsi bangunan gedung tanpa menimbulkan dampak penting terhadap lingkungan dan harus dilakukan perpanjangan setiap 5 (lima) tahun sekali.

Adapun dasar hukum penerbitan SLF ini adalah sebagai berikut :

  1. Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2005 tentang Peraturan pelaksanaan UU Nomor 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.
  2. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 25 Tahun 2007 tentang Pedoman Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung.
  3. Peraturan Daerah Kabupaten Bekasi Nomor 10 Tahun 2014 tentang Bangunan Gedung
  4. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat Nomor 11 Tahun 2018 tentang TABG, pengkaji teknis, dan pemilik bangunan

“SLF sendiri diberikan oleh Pemerintah daerah terhadap bangunan gedung yang telah selesai dibangun dan telah memenuhi persyaratan kelaikan fungsi berdasarkan hasil pemeriksaan kelaikan fungsi bangunan gedung sebagai syarat untuk dapat dimanfaatkan” ungkap Tina.

Bangunan gedung harus memiliki SLF karena menyangkut kesesuaian fungsi, persyaratan tata bangunan, keselamatan, kesehatan, kenyamanan, serta kemudahan dalam perawatan dan pemeliharaan.

Lebih jauh Tina menyampaikan bahwa tidak ada biaya untuk perizinan SLF di Dinas PUPR Kabupaten Bekasi. Adapun kemungkinan biaya yang timbul adalah biaya kajian terhadap bangunan yang dilakukan oleh konsultan yang mempunyai sertifikasi apabila perusahaan tidak mempunyai kemampuan untuk menyusun dokumen sendiri dan tidak adanya SDM yang tersertifikasi, sehingga besarnya biaya dan proses penunjukkan konsultan diserahkan sepenuhnya kepada kebijakan perusahaan masing-masing.

“Dalam pengurusan SLF sebenarnya pemilik bangunan gedung khususnya tenant Kawasan Industri Jababeka dan sekitarnya tidak perlu repot mengurus sendiri karena saat ini PT. Jababeka Infrastruktur telah menyediakan jasa layanan pengurusan SLF melalui Jababeka Focus to Accelerate Services Tenant (JFast). Tenant bisa berdiskusi dengan Tim JFast terkait SLF di kantor JFast dengan alamat Ruko Elit Blok A/66, Jl. Ki Hajar Dewantara, Jababeka 2,” ungkap Ayub, Head of Business Development, PT Jababeka Infrastruktur, yang akan terus mensosialisasikan SLF ke tenant melalui event, email, website dan medsos.

Pentingnya SLF juga tidak lepas dari sanksi yang akan diberikan bagi yang tidak memilikinya. Menurut Perda No. 10 th 2014 tentang Bangunan Gedung, dalam BAB XII Pasal 101 disebutkan :

(1) Pemilik dan/atau pengguna bangunan gedung yang melanggar ketentuan Peraturan Daerah ini dikenakan sanksi administrasi, berupa:

  1. Peringatan tertulis;
  2. Pembatasan kegiatan pembangunan ;
  3. Penghentian sementara atau tetap pada pekerjaan pelaksanaan pembangunan ;
  4. Penghentian sementara atau tetap pada Pemanfaatan bangunan gedung;
  5. Pembekuan IMB gedung;
  6. Pencabutan IMB gedung;
  7. Pembekuan SLF bangunan gedung;
  8. Pencabutan SLF bangunan gedung; atau
  9. Perintah pembongkaran bangunan gedung.

(2) Pengenaan Sanksi Administrasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), mengacu dan berpedoman kepada ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar