GBC'

Tantangan Masih Menunggu Indonesia Walau Pemilu 2019 Sukses

President University bekerjasama dengan Universitas Indonesia mengadakan forum cendekiawan bertajuk “Quo Vadis Pemilu 2019?” pada Hari Jumat, 5 April 2019. Dilaksanakan di President Executive Lounge, Menara Batavia, Jakarta, diskusi ini diadakan atas kesamaan pemikiran akademisi dari kedua universitas bahwa pemilu 2019 harus sukses.
Walaupun pemilu dapat dilaksanakan secara sukses, Indonesia masih menghadapi banyak tantangan. Dalam kata sambutannya, Guru Besar Universitas Indonesia, Ketua Yayasan Pendidikan Universitas Presiden,
sekaligus Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) 2011-2016 Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, D.E.A menyampaikan, “Secara geopolitik, Indonesia berada di posisi silang geografis dunia dengan sumber kekayaan alam yang strategis. Dalam hal demografi, Indonesia memiliki bonus demografi pada tahun 2030. Tetapi, generasi muda Indonesia akan memiliki kekuatan mengolah semua potensi itu apabila mampu menghasilkan pemikiran dan pengetahuan. Dengan kemampuan sumber daya seperti itu, Indonesia ke depan akan menjadi bangsa yang produktif, tidak hanya menjadi bangsa yang konsumtif. Untuk itu, mutlak perlunya pendidikan kebangsaan”.
Hal serupa juga disampaikan S.D. Darmono, D.Univ. (Hon), pendiri President University. Menurutnya, Indonesia telah mengalami banyak keajaiban, salah satunya dengan masuknya Indonesia ke G20 hanya dalam 20 tahun setelah mengalami krisis ekonomi. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia perlu memperkuat eksistensinya tidak hanya dengan belajar di universitas namun dengan belajar dari industri. 

WINABEBAG'

Memanfaatkan momentum pemilu yang dilaksanakan lima tahun sekali ini, para akademisi berharap tantangan dapat diselesaikan dengan baik. Terlepas dari siapa pun yang memenangkan pemilu nanti, presiden terpilih wajib
membenahi manajemen sumber daya manusia dan alam, pendidikan, serta industri yang dimiliki Indonesia.
Lebih lanjut, forum cendekiawan ini juga dihadiri oleh Prof. Ari Kuncoro S.E., M.A., Ph. D, MH, Drs. Muhammad A.S. Hikam, M.A., Ph.D, Ir. Erman Suparno  M.B.A, M. Si, Prof. Dr. Azyumardi Azra M.A, Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, Rikard Bagun, serta akademisi Universitas Indonesia dan Universitas Presiden.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar