GBC'

Strategi Memburu Millennial

Milenial sebagai generasi dengan kepiawaian gawainya secara langsung mengubah strategi pemasaran. Tren dalam memasarkan suatu produk kepada kaum milenial sudah tidak lagi
dapat digeneralisir. Bagaimana strategi pemasaran yang lebih efektif dalam memburu atensi kaum milenial?

WINABEBAG'

Mengutip dari Media daring, Entrepreneur terdapat beberapa strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk menyasar milenial. Strategi yang pertama adalah memberikan prioritas pada pembuatan video promosi dengan kualitas prima. Kepemilikan gawai dengan teknologi yang semakin canggih mengubah bagaimana suatu informasi disebarkan. Kaum milenial dinilai akan
memberikan atensi yang lebih besar melalui video dengan kualitas unggul dibanding dengan promosi menggunakan teks yang panjang.

Selain dengan kualitas video yang unggul, tingkat kreativitas dalam menuangkan informasi juga perlu diperhatikan. Desain yang kreatif dan unik dapat memberikan nilai lebih dan mudah diingat oleh kaum milenial. Salah satu contohnya adalah bagaimana salah satu perusahaan transportasi daring memberikan apresiasi pada perusahaan nasional dengan mendesain baliho di jalan ibu kota menjadi seperti karangan bunga. Hal yang dilakukan oleh perusahaan transportasi daring ini memang tidak secara langsung mempromosikan produknya, namun kreatifitas dan keunikan dari kampanyenya membuat kaum milenial lebih sadar dengan eksistensi dari perusahaan transportasi daring tersebut.

Strategi berikutnya adalah dengan mengerucutkan segmentasi pasar milenial. Kaum milenial terbagi dalam beberapa segmen dan mengeneralisir konsep milenial akan mengurangi efektifitas dari strategi pemasaran. Analisa sosio demografis seperti pendidikan, pekerjaan, pendapatan, etnisitas, dan lain sebagainya dapat membantu mengerucutkan segmentasi dari pasar milenial itu sendiri.
Mengaplikasikan strategi tersebut diharapkan dapat meningkatkan efektivitas ‘perburuan’ terhadap kaum milenial dalam mempromosikan suatu produk ataupun jasa.

Ditulis oleh: Ichi Arie Nuranisa
Mahasiswi MBA Tech. di President University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar