GBC'

Online Single Submission (OSS) Membuat Ijin Berusaha Makin Mudah

Online Single Submission (OSS) Membuat Ijin Berusaha Makin Mudah

WINABEBAG'

Sejak diresmikan pada bulan Juli 2018 oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sistem Online Single Submission (OSS) atau Layanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (PBTSE) ini, mulai disosialisasikan dan diterapkan di semua Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia.

OSS yang pelaksanaannya diatur dalam PP Nomor 24 Tahun 2018 ini, sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam menyederhanakan perizinan berusaha dan menciptakan model pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat dan murah, serta memberi kepastian. Dengan sistem OSS, Izin berusaha akan didapat oleh pelaku usaha dalam waktu kurang dari satu jam.

Dr. Ir. H. Dadang Mohammad, MSCE, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat, saat mensosialisasikan OSS di depan para perwakilan tenant Kawasan Industri Jababeka menyampaikan mengenai tahapan pelaksanaan Perizinan Berusaha.

Pertama, Pelaku Usaha melakukan Pendaftaran.

Kedua, Lembaga OSS menerbitkan Izin Usaha dan penerbitan Izin Komersial atau Operasional berdasarkan Komitmen.

Ketiga, Pelaku Usaha melakukan pemenuhan Komitmen Izin Usaha dan pemenuhan Komitmen Izin Komersial atau Operasional.

Keempat, Pelaku Usaha melakukan pembayaran biaya (PNBP atau Pajak/Retribusi Daerah)

 

Pedoman Perizinan Berusaha Melalui OSS

Pembuatan dan aktivasi Akun OSS

Pelaku usaha yang dapat mendaftarkan usahanya adalah Perorangan dan Badan Usaha (termasuk UMKM) baru, maupun yang sudah berdiri. Pertama, mengakses OSS dengan menginput Nomor Identitas Kependudukan (NIK), email dan beberapa informasi lainnya pada form registrasi yang tersedia. Layanan OSS tersedia secara cloud di http://oss.go.id. Kedua, pelaku usaha akan menerima email berisi direct link untuk aktivasi akun OSS. Ketiga, mengaktifasi akun OSS dan akan menerima email berisi User-ID dan  Password.

Memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB)

Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah identitas Pelaku Usaha dalam rangka pelaksanaan kegiatan berusaha  sesuai bidang usahanya. Langkahnya adalah Login pada Sistem OSS menggunakan User-ID dan Password. Mengisi data-data yang diperlukan, seperti data perusahaan, pemegang saham,  kepemilikan modal, nilai investasi, rencana penggunaan tenaga kerja, rencana  permintaan fasilitas perpajakan dan  kepabeanan .

Selanjutnya Sistem OSS Menerbitkan Nomor Induk  Berusaha (NIB) untuk pelaku usaha. Pelaku usaha dapat memperoleh dokumen pendaftaran lainnya (jika  diperlukan). Izin-izin yang bisa diperoleh melalui OSS antara lain : izin lokasi, izin lingkungan, izin mendirikan bangunan, izin usaha, izin operasional/komersial.

Pembayaran

Setelah mendapatkan semua izin dengan mekanisme pernyataan komitmen melalui OSS, kemudian pelaku usaha melakukan pembayaran PNBP, PAD atau retribusi daerah dan melakukan konfirmasi pembayaran ke OSS. Seluruh perizinan yang telah  diterbitkan oleh OSS hanya akan diaktivasi dan berlaku efektif setelah pembayaran dilakukan dan komitmen izin telah dipenuhi.

Investor/Pelaku Usaha dapat melakukan pengaduan dan mendapatkan informasi pelayanan perizinan melalui Layanan Pengaduan (Help Desk) dan Pusat Informasi (Call  Center) yang disediakan oleh Satgas Nasional.

Telp: 021-3857596, 021-3857595, 021-21201020, 021-21202020.

Email : helpdesk.oss@insw.go.id, info.oss@insw.go.id, satgasnasional@ekon.go.id, osskom@ekon.go.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar