GBC'

Melihat Sisi Bisnis Fashion dan Perilaku Konsumen Brand Switching di Era Millennial

Setiap generasi pada zamannya mempunyai ciri dan karakteristik masing – masing. Saat ini memasuki generasi Milenial dan Teknologi. Generasi ini memperhatikan mengenai fashion atau penampilan mereka, menggunakan produk ternama yang digunakan untuk menunjukan indentitas atau status mereka. Mereka diketahui suka berbelanja apa saja yang mereka inginkan dan sangat mudah dipengaruhi untuk membeli barang mewah dari lingkungan dan apa yang mereka lihat secara langsung maupun di media social.

WINABEBAG'

Perkembangan teknologi dan penggunaan media social dengan memperlihat produk – produk yang ditampilkan menggunakan para Artis / influencer sebagai menarik pembelian produk bagi para pembisnis fashion, dan melihat pengalaman dari orang lain maupun dari trend / popular, Maka dari itu, tidak menutup kemungkinan kaum millennial dapat menjadi perilaku konsumen Brand Switching atau pergantian produk dari suatu merk ke merk lain untuk mengikuti trend yang sedang booming.

Menurut Peter dan Olson (2002) Brand Switching merupakan pola pembelian yang dikarakteristikkan dengan perubahan atau pergantian dari suatu merk ke merk lain. Brand Switching terjadi dikarenakan adanya Atribu tproduk yang dipandang penting oleh konsumen dijadikan dasar pengambilan keputusan pembelian yang meliputi merk, label, kemasan.

Studi Global Consumer Loyalty Nielsen menunjukkan bahwa kini konsumen secara aktif mencari merk-merk baru dan didukung oleh faktor pendukung seperti meningkatnya tingkat pendapatan di Negara berkembang. Di Indonesia, lebih dari sepertiga atau sebesar 38 persen konsumen menyatakan bahwa mereka suka mencoba hal – hal baru, dan setengah atau 50 persen dari konsumen lebih memilih untuk tetap dengan apa yang sudah mereka kenal. Meski demikian, kemungkinan mereka dapat pindah merk untuk mencoba.

Sebuah penelitian yang dilakukan Direct Line, menyatakan bahwa jutaan milenial di Inggris hanya ingin membeli barang – barang yang mahal, kemudian memamerkan kepada teman dan keluarganya. Penelitian tersebut diikuti oleh responden yang berusia 18 hingga 34 tahun hasilnya hamper seperempatnya mengatakan acara televise seperti TOWIE dan Real Housewives berfokus memamerkan kekayaan dan mereka ingin menirunya. Sedangkan sepertiganya mengatakan ingin membeli barang bermerk yang mahal agar dapat dipamerkan di media sosial.

Product fashion yang digunakan tentunya merk yang sedang popular dan banyak minati oleh banyak orang seperti produk Gucci, Nevada, Zara, Guess, , Givenchy namun Berdasarkan IDN Research Institute, Indonesia Millennial Report 2019 menemukan beberapa brand dari berbagai produk yang menjadi top of mind bagi millennial atau Millennials brand product. Penelusuran dilakukan melalui pertanyaan terbuka dengan menyebutkan 3 produk fashion/pakaian yang paling diingat oleh millennial, produk fashion / pakaian Nevada 35,3 %, Polo 13,4 % danZahara 10,3%.

Adanya Brand Switching dan perkembangan teknologi ini, membuat setiap bisnis fashion semakin ketat dan dituntut untuk berusaha mencari strategi yang tepat dalam memasarkan atau menjual produk yang berkualitas dan memiliki gaya fashion yang menarik serta memahami perilaku konsumen terutama di Era Millennial yang saat ini mudah terpengaruh untuk membeli dan berganti Merk suatu produk ke Merk lainnya yang dikenal dengan sebutan Brand Switching.

Strategi Pemasaran yang efektif harus selalu berpusat terhadap 4P yaitu Product, Place, Promotion, Price. Setiap para pembisnis Fashion harus menjaga konsumen atau pelanggan dengan pelayanan yang lebih baik dari sebelumnya, memiliki inovasi – inovasi yang terbaru, memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang pesaing atau competitor lakukan dan tetap mengikuti perkembangan zaman adalah hal yang wajib dilakukan di era mileneal ini. Jadi, perlu mengetahui berapa jumlah pesaing/ Kompetitor.

Mereka mungkin melakukan sesuatu yang seharusnya Anda lakukan! Dan jangan menunggu sampai Anda kehilangan semua pelanggan Anda – itu mungkin sudah terlambat! (Muller Theo, 2010).

Penulis :QorySavitri, Mahasiswi Magister Management Technology, President University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar