GBC'

Jababeka Dorong Investasi di Jawa Barat Meningkat

Di Triwulan II Provinsi Jawa Barat mencatat pertumbuhan ekonomi 5,68 lebih tinggi dari nasional yang berada di angka 5,02. Keberadaan kawasan industri adalah salah satu penyebabnya, dimana ada 25 kawasan industri di Jawa Barat yang terpusat di Cikarang-Bekasi. Salah satu kawasan industri yang menjadi barometer nasional adalah Kawasan Industri Jababeka yang berdiri dari tahun 1989, dan kini telah dihuni sekitar 2000 perusahaan.

WINABEBAG'

Upaya untuk meningkatkan investasi khususnya di Jawa Barat terus dilakukan oleh Jababeka, salah satunya mendorong sinergi antara ABG (akademisi, businessman dan government).

“Jika kita semua kompak diantara ABG (akademisi, businessman dan government) maka kita akan sukses dan bisnis terus berkembang. Jababeka akan terus mendorong ABG untuk selalu bersinergi dan berkolaborasi. Tim Jababeka terus aktif ke BKPM, Bank Indonesia, Pemprov, Kadin dan HIPMI Jabar, karena kalau dilihat dari peta perekonomian, Jabar salah satu yang paling penting di Indonesia,” ujar Rudy Subrata GM Marketing PT. Jababeka Tbk saat membuka acara “Recent Economic Development & Information West Java Invesment Summit” di Presiden Executive Club Kota Jababeka (4/9/2019).

Acara yang membahas Evaluasi Perekonomian Jawa Barat, Perkembangan dan Proyeksi Ekonomi Global & Tracking Proyeksi Ekonomi 2019 ini mendatangkan dua pembicara, yaitu : Darjana Asisten Direktur Bank Indonesia Jabar dan Deni Rusyana dari DPMPTSP Jawa Barat.

Menurut Rudy Subrata, kegiatan ini untuk mengakomodir kalangan pengusaha yang ada di Jababeka agar bisa mengetahui kondisi ekonomi tahun 2019 khususnya di Jawa Barat.  “Dengan adanya gebrakan dari pemerintah provinsi Jawa Barat dengan proyek-proyek yang sudah berjalan. Kami dari kawasan industri tetap mendorong adanya investasi dan juga ekspansi agar terus berkembang. Ini adalah salah satu fasilitas dari kami untuk selalu membuat Kawasan Industri Jababeka tetap menjadi leader dari industrial estate. Memang kondisi ekonomi global kurang membaik dengan adanya perang dagang China-AS, namun ini bisa menjadi opportunity apa yang bisa diambil dari trade war tersebut,” ungkap Rudy.

Lebih lanjut disampaikannya, Kawasan Industri Jababeka memiliki 2000 tenant dengan infrastruktur yang luar biasa lengkap. Satu-satunya kawasan industri yang memiliki 4 akses tol, pelabuhan kering Cikarang Dry Port yang melayani ekspor impor menggunakan kereta api bisa langsung ke Pelabuhan Tanjung Priok dan Surabaya. Juga memiliki 2 power supply, dan sudah menerapkan industry 4.0 melalui aplikasi JSmart.  Bahkan dari PT. Jababeka Infrastruktur memiliki layanan one stop service yakni Jfast yang mempermudah dalam memulai investasi.

Dalam kesempatan yang sama, Darjana menyampaikan Bank Indonesia melihat dari makro ekonomi, sementara para pengusahalah yang mengetahui kondisi mikro di dunia industri. Ada 8 hal yang kami soroti, yaitu prospek ekonomi global, kondisi Jawa Barat, industri manufaktur, inflasi, perbankan, kesejahteraan, prospek ekonomi Jawa Barat dan event West Java Invesment Summit 2019.

Darjana mengungkapkan, ekonomi global memang kurang menggembirakan, namun di Jawa Barat prospek pasar tradisional mengalami pertumbuhan. Bahkan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat pada triwulan dua tumbuh 5,68 lebih tinggi dari nasional, dimana 43%-nya berasal dari industri pengolahan.

Sementara itu, Deni Rusyana menyebutkan infrastruktur di Jawa Barat paling bagus khususnya jalan tol, sehingga kawasan industri paling banyak ada di Jawa Barat. “Pemerintah pusat dan provinsi terus membangun infrastruktur jalan tol, rel kereta api, speed train, bandara, pelabuhan, dan mendorong kawasan ekonomi khusus thematik,” ungkap Deni.

Baca juga: Pemerintah Genjot Pembangunan Infrastruktur Transportasi Publik di Jawa Barat

Bahkan dalam waktu dekat, sebagai upaya pemerintah provinsi dalam menarik investor, akan menyelenggarakan West Java Invesment Summit 2019. Ini menjadi kesempatan pengusaha yang ada di Jababeka untuk bisa mempromosikan produk-produknya, dan menjalin kerja sama dengan investor asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar