GBC'

AIESEC di President University Sukses Menggelar Virtual Impact Circle 2020 “The New Normal: Optimizing Professional Skills at Home”

AIESEC di President University Sukses Menggelar Virtual Impact Circle 2020 “The New Normal: Optimizing Professional Skills at Home 

WINABEBAG'

AIESEC di President University telah menyelenggarakan acara Virtual Impact Circle 2020 pada edisi kedua di bulan Juli 2020. Acara Virtual Impact Circle 2020 terbilang cukup sukses dan mendapat respons positif dari para participants yang hadir. Jumlah participants yang hadir dalam acara Virtual Impact Circle 2020 mencapai lebih dari 110 peserta. Hal ini, merupakan suatu pencapaian terbesar dan tersukses dalam menyelenggarakan Virtual Impact Circle 2020. AIESEC di President University mengangkat tema “The New Normal: Optimizing Professional Skills at Home” pada acara Virtual Impact Circle 2020, berdasarkan SDG 8 yaitu Decent Work and Economic Growth. Diselenggarakan acara ini, bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap participants bagaimana mengoptimalkan dan meningkatkan keterampilan walaupun hanya di rumah saja. AIESEC in President University mengundang pembicara yang memiliki pengalaman dalam bidang professional keterampilan dan skills diantaranya, Annisa Ainina Novara (Educational Content Management at Skill Academy), Viranda Agus Wijayanti (LCVP OGE of AIESEC in President University 2020/2021), dan Lulus Kurniawan (Founder of Qlausa and Braitwan).

Pada acara Virtual Impact Circle 2020, diawali dengan pembukaan MC atau Master of Ceremony oleh Rey Abraham dengan menjelaskan secara singkat apa itu Impact Circle 2020? dan mengapa kita berpartisipasi dalam acara Virtual Impact Circle 2020? “Virtual Impact Circle 2020 merupakan salah satu acara yang diselenggarakan oleh AIESEC in President University sebagai Youth Leadership Organizations yang peduli pada pengembangan diri kepemudaan Indonesia untuk berkontribusi kepada bangsa Indonesia”, ujar Rey Abraham. Serta memperkenalkan pembicara-pembicara yang akan membawakan materi kepada participants yang hadir di acara ini. Pada acara Virtual Impact Circle 2020 terbagi menjadi 3 sesi presentasi dengan tema berbeda di setiap speakers-Nya yang akan dibawakan oleh Viranda Agus Wijayanti, Annisa Ainina Novara dan Lulus Kurniawan. 

Pada pembicara pertama, Viranda Agus Wijayanti menerangkan materi dengan terfokus pada pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, pada tahun 2020, secara substansil mengurangi proporsi usia muda yang tidak bekerja, tidak berpendidikan atau terlatih. Viranda Agus Wijayanti menceritakan pengelaman awal perjuangan-Nya dalam menempuh Pendidikan untuk mendapatkan sekolah yang layak serta berkualitas. Namun, kegagalan selalu datang kepada seperti gagal untuk lulus SNMPTN dan SBM dan lainnya. Viranda Agus Wijayanti pun membagikan pengalamannya di AIESEC dan sadar betapa pentingnya skill dan keahlian professional bagi pemuda dan belajar untuk tidak hanya focus terhadap hal akademik saja. Viranda juga memberikan motivasi kepada participants yang hadir bahwa kegagalan seseorang merupakan awal batu loncatan dan jangan pernah putus asa untuk mencoba lagi dan mengubah pola pikir untuk berkembang, tidak hanya secara akademik saja namun juga dalam segi professional skills dan life skills secara umum.

Pada pembicara Kedua, Annisa Ainina Novara menjelaskan beberapa kategori tentang Skills, diantaranya; Fakta pekerjaan dan skills apa yang sedang diminati dalam dunia kerja saat ini. Bersarkan fakta saat ini adalah seluruh dunia sedang menghadapi krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19, dimana sebelumnya target pada tahun 2020 telah direncanakan dalam program pembangunan ingin mengurangi proporsi pemuda yang tidak bekerja, berpendidikan dan pelatihan berdasarkan SDG no 8 point 6. Selanjutnya, Annisa Ainia Novara menjelaskan tentang fakta pekerjaan dan tenaga kerja, bahwa dari 136 juta tenaga kerja dan 58% lulusan sekolah, sebanyak 50% tidak cocok dengan pekerjaan-Nya dan skills mereka sedangkan sisa nya menemukan pekerjaan yang cocok dengan skilss mereka. Menurut Annisa Ainia Novara, diperlukannya skills yang beragam atau keahlian khusus pada diri kita dikarenakan persaingan dalam mencari pekerjaan dalam situasi seperti ini sangatlah sulit dan diperlukan untuk kita sebagai pemuda memiliki soft skills dan hard skills. Kemudian, skills yang sedang diminati dan sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan antara lain; Creativity, Communication Skills, Content Marketing, Financial Planning, Analytical Reasoning, dan Digital Marketing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar